Senin, 26 September 2011

PERKEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI DENGAN DIBUATNYA STANDAR TEKNOLOGI INFORMASI

Pertumbuhan yang sangat pesat di bidang teknologi Informasi diimbangi dengan munculnya regulasi dan standarisasi agar terwujud dampak sosial yang kondusif. Standar yang dimaksud adalah suatu kesepakatan yang sifatnya diakui secara universal dan menjadi referensi dalam penentuan prosedur teknologi atau spesifikasi perangkat pendukung teknologi informasi. Sehingga perangkat keras produk vendor juga mempunyai tingkat mutu dan kompatibilitas tertentu yang pada akhirnya tidak menyulitkan pengguna. Umumnya terdapat suatu lembaga yang berwenang untuk mengatur mengenai penentuan standar.

Beberapa standar yang berkaitan dengan teknologi Informasi :

The International Telecommunication Union (ITU)-T Standard
Pada akhir abad 18 hasil konvensi telekomunikasi muncul suatu suatu lembaga Internasional
telekomunikasi di Negara Eropa. Lembaga ini kemudian mengajukan standar berkaitan kualitas produk dan regulasi di bidang telekomunikasi. Berawal dari ditemukannya telegraf. Anggota dari lembaga ini dari kalangan industry,operator public dan privat, akademisi,organisasi regional dan internasional. ITU saat ini sudah sangat banyak mengeluarkan aturan yang menjadi referensi dalm bidang telekomunikasi. Berikutnya muncul The InternationalTelephone Consultative Committee (CCIF) pada tahun 1924, yang diikuti the International Telegraph Consultative Committee (CCIT) in 1925,dan tahun 1927 the International Radio Consultative Committee (CCIR) didirikan. Tahun 1956 The International Telephone and Telegraph Consultative Committee (CCITT) berdiri hasil peleburan CCIT dan CCIF.

JTC
JTC ( Joint Technical Committee) antara ISO dan Internasional Electrotechnical Commission juga mengatur standarisasi untuk teknologi informasi yang mencakup
- desain dan pengembangan sistem teknologi Informasi
- performansi dan kualitas produk teknologi informasi
- keamanan teknologi informasi
contoh produk standar JTC:
Standard UHF: ISO/IEC 18000-6 (equivalent to the EPCglobal Gen 2 UHF standard). Mengenai standard interface medium udara untuk berbagai frekuensi.

The Internet Engineering Task Force (IETF)
merupakan sebuah organisasi diatur oleh IESG (Internet Engineering Steering Group), dan diberi tugas untuk mempelajari masalah-masalah teknik yang terjadi dalam jaringan komputer dan Internet, dan kemudian mengusulkan solusi dari masalah tersebut kepada IAB (Internet Architecture Board). Pekerjaan IETF dilakukan oleh banyak kelompok kerja (disebut sebagai Working Groups) yang berkonsentrasi di satu bagian topik saja, seperti halnya keamanan, routing, dan lainnya. IETF merupakan pihak yang mempublikasikan spesifikasi yang membuat standar protokol TCP/IP. Standarisasi disini meliputi:
• implementasi dan pengujian.
fairness
• timeline
RFC 2026 : Internet Procedur (Oktober 1996 )

0 komentar:

Posting Komentar